Quiche yang siap santap
Quiche yang siap santap

Quiche lorraine itu apa sih? Quiche (dibaca kiss) adalah makanan yang berasal dari Perancis. 

Quiche masuk kategori snack dengan cita rasa gurih, keluarga pie dengan bahan isian sayur, keju dan daging.

Dimasa pandemi covid-19 selaras imbauan semua orang untuk tinggal di rumah, tidak ada salahnya jika quiche dipilih sebagai salah satu snack sehat untuk keluarga di rumah.

Simple guys! bahan bahannya bisa menyesuaikan dengan stok yang ada di kulkas. Karena itulah banyak resep quiche yang dimodifikasi menjadi lebih ekonomis namun tetap sehat. 

Resep quiche berikut termasuk satu diantara resep ekomonis yang layak untuk anda coba sajikan pada keluarga.

Mengadopsi resep dari cookpad "Corina Masruroh". Simak bahan bahan dan cara membuatnya. 

Bahan - bahan: ✓ kulit 75 gram butter/margarin 150 gram tepung terigu 1 butir kuning telur 1 sdm air es ✓ Filling 1/2 bawang bombai, potong2 1 siung bawang putih, cincang 1 buah sosis potong2 1 lembar dada ayam potong dadu 1 buah wortel serut kasar 30 gram bayam, siangi dan cincang kasar ✓ topping 1 buah tomat potong bulat 1 cabai hijau besar, buang isinya potong memanjang ✓ Saos 100 ml susu cair 1 butir telur 50 gram keju melted 1/4 sdm garam Sejumput merica Sejumput pala.

 Cara membuat : ✓ kulit pie Dinginkan mentega kedalam freezer kurang lebih 5 menit,kemudian potong mentega jadi kotak - kotak dan campurlah dengan terigu,dengan cara mencubit cubit hingga jadi crumble. 

Selanjutnya, masukkan kuning telur pada adonan kulit tersebut,lalu tambahkan air es dan aduk hingga rata (ulen).

Langkah berikutnya, bungkus adonan dengan plastik wrab dan simpan di kulkas selama 15 menit sebelum digunakan. Setelahnya oles loyang dengan margarin dan giling adonan berbentuk lingkaran. Letakkan adonan kedalam loyang dan rapikan dengan cara menekan pelan - pelan pada bagian yang kurang rapi, kemudian tusuk - tusuk dengan garpu ( agar tidak menggelembung saat dipanggang) setelah itu Simpan kembali di kulkas selama 10 menit. 

Cara membuat filling (isi) :

 ✓ filling Langkah pertamanya adalah Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan bawang bombai dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan ayam cincang sambil di aduk sampai berubah warna. Setelah itu masukkan sosis, wortel dan bayam yang sudah dirajang kedalamnya sambil aduk hingga merata dan matikan kompor.

 ✓Langkah berikutnya adalah membuat saos. Masukkan telur dan susu dalam wadah, lalu aduk hingga rata, kemudian tambahkan garam, merica dan pala sambil terus diaduk-aduk jangan lupa masukkan keju parut.

Nah setelah bahan-bahan semuanya siap, kini tinggal langkah penyelesaian. 

Penyelesaian : Oven kulit pie sampai setengah matang (dengan api atas bawah suhu 180°c). Kemudian keluarkan kulit pie, masukkan filling dan ratakan. Lalu tuang saos dan ratakan kembali serta letakkan toping (tomat dan cabai hijau besar) sesuai selera kemudian masukkan ke dalam oven lagi dengan suhu 200°c selama -+30 menit dengan api atas bawah ( 15 menit api bawah dan 15 menit api atas bawah) atau sesuaikan dengan oven masing-masing, dan selesai.

Mudah bukan? Jangan lupa untuk mendapatkan cita rasa yang istimewa sajikan selagi hangat.