Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat bersama para ASN di halaman parkir Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat bersama para ASN di halaman parkir Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pada awal tahun 2020 lalu Wali Kota Batu telah melakukan mutasi pejabat eselon III dan IV sejumlah 114 pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena itu kini mutasi pada pejabat II rupanya bakal segera dilakukan. Rencananya mutasi pada pejabat eselon II itu bakal dilaksanakan paling cepat pada pekan mendatang. Selambat-lambatnya akan dilaksanakn pada awal bulan Februari. 

“Kalau memang dalam waktu dekat ini tidak bisa terlaksana, mungkin mundur paling lambat awal Februari,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, Siswanto.

Menurutnya mutasi itu dilakukan tentunya berdasarkan proses penilaian. Tentunya melibatkan Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektorat tentunya juga BKPSDM. “Tentunya penilaian ini jadi bahan untuk mempertimbangkan ASN ini akan dimutasi, di posisi mana yang cocok untuk pejabat ini,” imbuhnya.

Setelah melakukan mutasi lanjut Siswanto, pihaknya akan melakukan open bidding untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kosong. “Setelah mutasi eselon II, lanjut kita lanjut lakukan open bidding,” tambah Siswanto.

Sedang hingga saat ini ada beberapa OPD yang masih kosong itu, yakni Dinas Pariwisata, Satpol PP, Staf Ahli, dan Inspektorat.