Konsolidasi dan Solidaritas Maba FISIP Unisba Blitar
Konsolidasi dan Solidaritas Maba FISIP Unisba Blitar

Mahasiswa baru di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar mengikuti Konsolidasi dan Solidaritas Mahasiswa Fakultas. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari empat program studi yakni Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis.

Dalam kesempatan ini mahasiswa mendapat paparan dan arahan dari kaprodi Fisipol Unisba Blitar . Materi disampaikan oleh Novi Catur Muspita (Kaprodi Sosiologi), Andiwi Meyfilina (Kaprodi Ilmu Komunikasi) dan Eko Adi Susilo (Kaprodi Administrasi Publik). Kegiatan ini mengambil tema “Menjadikan Mahasiswa FISIP Yang Progresif Revolusioner dengan Semangat Gotong Royong”.

“Peserta dari kegiatan ini seluruhnya mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan fakultas,” ungkap Andiwi Meyfilina kepada BLITARTIMES, Senin (2/12/2019).

Di kesempatan ini dalam paparanya, Andiwi menyampaikan bahwa mahasiswa FISIP merupakan Agent of Change. Sehingga mahasiswa Fisip harus memberikan sumbangan karya-karya intelektual untuk memecahkan masalah-masalah sosial di masyarakat.

“Mahasiswa era milenial harus memiliki kecerdasan karakter dan intelektual. Seperti masalah berita Hoax, mahasiswa harus mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat dengan peka melihat sumbernya seperti judul-judul yang provokatif dan kita harus cek di Kominfo Pusat. Mahasiswa FISIP harus bertindak sebagai kontrol pemerintah dan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Kaprodi Sosiologi, Novi Catur Muspita, di kesempatan ini menyampaikan fungsi mahasiswa tidak hanya melulu belajar di bangku kuliah, tetapi juga pengabdian kepada masyarakat sama pentingnya. Aksi nyata yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat refeleksinya dari dulu, kini, dan nanti.

“Zaman dulu atau zaman prakemerdekaan hingga kemerdekaan, mahasiswa menjadi kelompok pertama yang sadar akan arti penting kebebasan dari belenggu penjajahan. Kini Indonesia dihadapkan dengan berbagai macam masalah yang pelik seperti masalah di bidang sosial, politik, ekonomi, pangan, kesehatan, serta teknologi dan informasi. Di sinilah peran aktif mahasiswa untuk ikut andil dalam menyikapi masalah-masalah yang menyelimuti bangsa kita saat ini,” tandasnya.(*)